Kalahkan Blok dengan Jurnal

No Comments

Ini menjelang akhir musim panas, dan saya tidak memiliki mandat untuk keuntungan saya pada liburan ini. Seiring akhir liburan, saya terus bertanya-tanya apa yang harus saya tunjukkan untuk musim panas selain cokelat yang mencolok, dan isi artikel yang tidak lengkap menghiasi komputer saya.

Tidak perlu menulis apa pun bisa membuat jengkel. Tapi banyak yang harus dilakukan, dan tidak melakukannya karena kemalasan atau kurangnya minat adalah keseluruhan cerita lainnya. Saya punya artikel berbulan-bulan yang belum melihat terangnya hari. Ah, kalau saja aku bisa menyelesaikannya. Tapi penundaan dan kemalasan menghalangi. Aku sudah mengatakan pada diriku sendiri bahwa ini panasnya, tapi dengan suhu yang turun lagi, aku bahkan tidak ditinggalkan dengan alasan itu.

Sepertinya saya telah menceraikan diri dari artikel setengah tertulis yang duduk di sana menunggu beberapa folder jauh di komputer saya. Entah bagaimana, saya tidak pernah menyelesaikan sesuatu jika saya meninggalkannya di tengah jalan. Dan kali ini tidak berbeda. Akhirnya saya membuka file, membaca isinya, menutupnya dengan catatan mental bahwa mereka harus selesai dan kembali ke petualangan balap Need for Speed ​​saya.

Setelah putaran tanpa henti tanpa henti, saya memutuskan sudah saatnya kembali bekerja. Tidak memiliki apa-apa untuk menulis tentang, saya pikir saya akan mencoba tangan saya di sebuah jurnal. Penulis selalu mengatakan bahwa membuat jurnal membuat kreativitas Anda meningkat, tapi entah mengapa saya tidak pernah mengira akan menulisnya. Saya selalu bertanya-tanya mengapa seorang penulis membuang-buang waktu berharga untuk menulis di jurnal, kapan dia bisa menghasilkan uang, menulis kata-kata itu dalam sebuah artikel atau cerita.

Jadi, saya memulai Mission Journal hanya dengan membuka pengolah kata saya dan menulis hal pertama yang muncul dalam pikiran saya. Kebetulan, saya mulai bertele-tele tentang berapa banyak yang ingin saya capai tapi dengan kasus drastis blok penulis yang telah menyapu saya beberapa hari terakhir, ambisi saya telah berkurang menjadi debu. Sebelum saya mengetahuinya, saya telah menulis dua ribu kata, hanya mengapa saya tidak dapat menulis dan bagaimana hal itu membuat malapetaka dengan semangat saya.

Aku benci mengakuinya, tapi kenyataannya - aku salah. Jurnal tidak membuang waktu seorang penulis. Ini adalah proses belajar. Ketika seorang profesional komputer duduk untuk belajar bahasa pemrograman baru, dia tidak membuang-buang waktunya. Dia mempersiapkan dirinya untuk situasi di mana keahlian pemrogramannya bisa berguna. Demikian pula, jurnal bisa menjadi sumber yang digali oleh penulis saat dia kehilangan ide dan tidak dapat menemukan sesuatu untuk ditulis. Ini memberi penulis latihan yang dia butuhkan setiap hari, dan memungkinkannya menciptakan momentum yang sangat diinginkan dalam tulisannya.

Pada hari saya mulai menulis di jurnal saya, adalah hari dimana blok bulan saya akhirnya berakhir. Dan saat saya menulis, saya menemukan pikiran saya berputar lebih kencang dari jari-jari saya. Tak lama kemudian, saya menulis tidak hanya tentang hari saya, tapi juga liburan saya, semester terakhir saya dan terakhir kali keluarga melakukan liburan bersama. Insiden terus bermunculan di benak saya dan saya terjebak dalam adrenalin. Saya sedang menulis!

Aku membutuhkan percikan untuk kreativitasku, dan jurnal itu telah melakukan hal itu. Hal itu telah memberi saya dorongan yang saya butuhkan untuk memulai, dan begitu saya menulis, gagasan dan kata-kata itu sampai kepada saya seperti tidak pernah meninggalkan sisi saya.
Jurnal memberi penulis tiga hal yang paling dia butuhkan: Praktik, Motivasi dan Gagasan.

Sekarang, setiap hari sebelum saya mulai menulis artikel atau cerita saya, saya hanya menuliskan sebuah halaman di jurnal saya. Jika saya tidak merasa seperti menulis di atas kertas, saya juga pernah mengelola sebuah jurnal di komputer saya. Tidak hanya saya mendapatkan jumpstart di hari saya, saya juga merasa lebih berenergi dan siap untuk menulis halaman dan halaman prosa.

Jurnal juga bisa menjadi gudang ide bagus. Ketika Anda berpikir bahwa Anda tiba-tiba menjadi tidak responsif terhadap gagasan di sekitar Anda atau tidak dapat menemukan karakter yang sesuai dengan cerita Anda, mengintip jurnal Anda, dan Anda akan menemukan sesuatu yang tak ternilai harganya di sana. Perjalanan ke danau musim panas lalu atau bertengkar dengan tetangga Anda mungkin saja menjadi insiden di penjual terbaik Anda berikutnya.

Jurnal tidak harus buku harian di mana Anda merekam pikiran dan perasaan pribadi Anda. Mereka bisa menjadi daftar tujuan, tips perawatan hewan peliharaan, atau sekadar memberi komentar bebas yang Anda lakukan setiap hari sebelum Anda mulai bekerja. Mereka bahkan tidak perlu fokus pada satu topik - Anda bisa mengenalkan pemikiran acak kapanpun dan dimanapun Anda suka. Dalam menulis sebuah jurnal, tidak ada peraturan; Anda cukup menulis apa yang Anda inginkan.

Saat menulis ini, saya memelihara empat jurnal agar sesuai dengan suasana hati saya yang berbeda. Saya tidak menulis semua untuk mereka setiap hari, tapi cobalah untuk menulis setidaknya satu setiap hari. Pada hari-hari yang saya tidak memiliki terlalu banyak pekerjaan yang harus dilakukan, saya memicu kreativitas saya dengan menulis di keempatnya. Siapa tahu, bahwa sebuah jurnal akan menjadi sahabatku?

back to top